Unisba Career Development Center

Universitas Islam Bandung
Thursday, 28 Mar 2024

Ketika Teman Jadi Bawahan

Berita Umum | 03 September 2022 09:28 wib Tentunya setiap karyawan menginginkan peningkatan karier. Tidak ada yang mau kalau kariernya hanya jalan di tempat saja. Ketika promosi sudah di depan mata dan atasan memberikan kenaikan jabatan tak lantas segalanya menjadi lebih mudah.


Justru Anda dituntut untuk lebih dewasa dan bertanggung-jawab dengan tambahan tugas yang diberikan atasan. Perubahan status ini juga berdampak pada lingkungan pertemanan Anda. Ada-ada saja pasti ketidakcocokan yang terjadi selama masa transisi Anda dari staf biasa menjadi kepala divisi. Apa yang harus Anda lakukan?

  • Profesional
    Anda tetap harus berlaku profesional dengan semua rekan sekerja. Kalau di luar lingkungan kantor ataupun yang tidak ada sangkutannya dengan pekerjaan ya kalian adalah teman tapi bila di dalam kantor Anda adalah atasan yang harus mereka patuhi aturannya.

  • Bersikap Lemah
    Jangan bersikap lemah ataupun membiarkan rekan-rekan menggunakan Anda sebagai alat kemudahan mereka di kantor. Dengan alasan Anda adalah teman mereka bukan berarti Anda bisa menuruti semua keinginan mereka.

  • Tegas
    Urusan kantor ya kantor pertemanan ya pertemanan. Anda harus bisa memisahkan keduanya dengan tepat. Sehingga tidak akan ada yang berani menggunakan status Anda dan menjadikan Anda sebagai alat. Tentunya kalau Anda bersikap bijak pasti rekan-rekan akan segan dengan Anda.

  • Cair
    Sebagai atasan baru Anda tidak hanya bertanggung-jawab atas pelaksanaan tugas saja tetapi juga merangkul rekan-rekan kerja. Sehingga terciptalah atmosfer kerja yang cair dan menyenangkan tanpa adanya tekanan. Bukan berarti ketika posisi Anda sudah di atas mereka, Anda bersikap bossy dan sok mengatur segala sesuatunya.

  • Tetap Teman
    Tetaplah menjadi teman yang baik. Sahabat yang mendengarkan, apalagi kalau ternyata sebelumnya Anda memang dekat dengan rekan-rekan kerja yang lain. Jangan mengubah sikap Anda ataupun perlakuan Anda kepada teman-teman yang lain hanya karena posisi Anda sudah di atas mereka.

  • Fokus di Karier
    Ketika Anda mendapatkan promosi dari atasan itu berarti Anda memiliki poin lebih di mata perusahaan. Karenanya sudah menjadi tugas Anda untuk memertahankan posisi tersebut supaya karier Anda dapat berkembang lebih baik lagi.

Source: https://www.loker.id/artikel/ketika-teman-jadi-bawahan

Dilihat 284 kali
Link