Unisba Career Development Center

Universitas Islam Bandung
Friday, 29 Mar 2024

Bagaimana Meningkatkan Karier Tanpa Merusak Kehidupan Pribadi Anda?

Berita Umum | 06 September 2022 11:24 wib Antara mempertahankan pekerjaan dengan gemilang tanpa kehilangan kehidupan pribadi, rasanya adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Tapi sebenarnya kalau Anda jeli memandang situasi semuanya bisa dilakukan dengan seimbang.

Meningkatkan dan menjaga performa karier tanpa merusak kehidupan pribadi Anda pasti bisa untuk dilakukan. Bagaimana caranya?

1. Maksimalkan Waktu Kerja
Kalau Anda bekerja dari pukul 09.00 – 17.00, maksimalkanlah waktu tersebut dengan baik. Dalam arti jangan mengambil kesempatan untuk mengerjakan hal-hal lain yang nantinya akan mengganggu konsentrasi kerja Anda. Dengan memaksimalkan delapan jam kerja Anda untuk mengerjakan hal-hal prioritas berkaitan dengan pekerjaan Anda akan terhindari dari lembur yang tidak seharusnya terjadi.

2. Bekerja Dengan Efisien
Pergunakan waktu Anda dengan seefisien mungkin. Dalam arti buat daftar mana pekerjaan yang menjadi prioritas untuk dikerjakan seharian dan mana yang masih bisa menunggu untuk dikerjakan. Jangan sampai Anda mengerjakan pekerjaan untuk minggu depan di hari hari yang malah membuat pekerjaan hari ini tidak selesai-selesai

3. Maksimalkan Kerja Tim
Kalau memang Anda bekerja dengan tim, maksimalkan tim Anda sehingga hasil yang tercapai juga maksimal. Jangan memaksakan diri untuk mengerjakan segala sesuatunya sendiri. Enyahkan perasaan-perasaan tidak enak yang nantinya malah akan mempersulit proses Anda mengerjakan segala sesuatunya.

4. Prioritaskan Job Desk Anda
Anda harus menempatkan job desk Anda di atas segalanya. Jangan sampai Anda mengerjakan printilan-printilan lain, sedangkan yang menjadi tugas utama terlewatkan begitu saja. Tentu saja ini akan sangat mengganggu jalannya sistemasi pekerjaan yang seharusnya Anda lakukan.

5. Tetapkan Aturan di Rumah Mengenai Pekerjaan
Anda harus punya aturan sendiri saat berada di rumah dalam arti tidak sama sekali menyentuh pekerjaan saat berada dengan keluarga atau teman-teman. Biasanya ini yang menyebabkan hubungan pribadi Anda rusak karena Anda terlalu memprioritaskan pekerjaan di atas segalanya.

6. Jangan Membalas Email di Weekend
Berikan batasan yang tegas saat berada di luar jam kantor  salah satunya adalah dengan tidak menyentuh sama sekali gadget atau membalas email berkaitan dengan pekerjaan di weekend Anda.

Source: https://www.loker.id/artikel/bagaimana-meningkatkan-karier-tanpa-merusak-kehidupan-pribadi-anda
Dilihat 674 kali
Link