Unisba Career Development Center

Universitas Islam Bandung
Wednesday, 08 May 2024

Cara Mendapatkan Pekerjaan Sebelum Lulus Kuliah

Berita Umum | 03 Juni 2022 13:21 wib Selembar kertas ijazah bisa jadi salah satu modal Anda untuk melamar kerja. Deretan nilai pada transkrip yang berujung pada indeks prestasi kumulatif dapat memukau manajer di satu perusahaan. Namun, bagaimana Anda mau menghadapi manajer perekrutan kalau belum memiliki itu semua? Sebab Anda masih mahasiswa yang belum lulus kuliah. Berikut tips mendapatkan pekerjan sebelum lulus kuliah yang dikutip dari situs entrepreneur.com.


Eksis di media sosial profesional
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah eksis di media sosial profesional. Salah satu platform yang paling populer saat ini adalah LinkedIn. Anda bisa membuat akun di media sosial tersebut, menulis profil dan mendokumentasikan prestasi dan pengalaman profesional. Cantumkan semua kegiatan yang pernah Anda ikuti. Mulai dari acara ekstrakurilkuler hingga praktek kerja lapang pada liburan akhir semester. Manajer perekrutan bisa menemukan Anda di media sosial ini. Mereka juga akan melihat Anda sebagai orang yang giat bekerja.


Membangun jaringan

Setelah ekssis di media sosial, sekarang mulailah membangun jaringan. Anda bisa mengawalinya dengan mencari akun orang-orang yang sukses dalam pekerjaan impian Anda di Facebook, Twitter dan LinkedIn. Dengan demikian, Anda sudah terhubung dengan orang-orang yang bisa melihat talenta Anda di berbagai media sosial. Anda juga bisa membangun jaringan dengan para alumni dari kampus. Biasanya, bagian administrasi menyimpan data mereka. Cobalah untuk bertanya, mencari dan berhubungan para alumni tersebut. Selain itu, biasanya alumni juga mengadakan pertemuan tahunan pada acara himpunan alumni atau ulang tahun universitas. Anda bisa datang ke acara tersebut –jika dibuka untuk peserta non-alumni.

Magang di perusahaan
Salah satu cara menunjukkan talenta Anda di hadapan manajer perekrutan adalah dengan bekerja di perusahaan. Sebagai mahasiswa, Anda bisa mencari kesempatan magang di perusahaan impian. Jangan sia-siakan masa magang tersebut. Bekerjalah dengan giat dan perlihatkan bahwa Anda benar-benar berkomitmen.
Mungkin saja perusahaan tidak langsung mempekerjakan Anda. Mereka beruntung mendapat “tenaga tambahan” tanpa bayaran besar. Sementara Anda juga tidak akan merasa rugi karena berkesempatan untuk menunjukkan diri dan dapat uang saku. Bisa jadi, tawaran pekerjaan akan datang setelah Anda lulus kuliah nanti. Bisa jadi, Anda menjadi pilihan utama saat melamar di perusahaan itu kelak.

Temukan mentor yang baik, jadilah pelajar yang baik
Jika Anda belum mendapat pekerjaan, maka teruslah belajar untuk bisa lebih baik. Anda bisa menimba ilmu dari orang-orang sukses dan berpengalaman di bidang yang Anda inginkan. Sebisa mungkin pilihlah mentor yang mudah dihubungi seperti profesor dan dosen di kampus atau pegawai senior di tempat magang. Anda juga bisa belajar dari sosok orang terkenal yang sukses dalam pekerjaan impian Anda. Biasanya mereka menerbitkan buku motivasi atau biografi yang bercerita tentang kisah keberhasilannya. Anda bisa mempelajari kiat sukses dari buku mereka.

Dapatkan sertifikat yang sesuai dengan bidang kerja impian
Jika berpikir kalau semua hal yang dipelajari pada masa perkuliahan cukup untuk modal kerja, maka Anda salah besar. Anda harus menambah pengetahuan lain di luar kelas agar bisa mendapat pekerjaan impian. Misalnya, untuk Anda yang ingin bekerja di industri makanan dan minuman bisa mengikuti pelatihan dan mendapat sertifikasi HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Points) atau ISO (International Organization for Standardization).

Seringkali pelatihan dan sertifikasi tersebut disponsori oleh perusahaan. Kalau pemangku hajat adalah perusahaan impian, maka Anda beruntung karena bisa bertanya lebih banyak tentang mereka. Siapa tahu, ada lowongan kerja yang menanti Anda di sana.

Source: https://www.qerja.com/journal/view/870-tips-mendapatkan-pekerjaan-sebelum-lulus-kuliah/
Dilihat 393 kali
Link