Unisba Career Development Center

Universitas Islam Bandung
Friday, 19 Apr 2024

Cara Profesional Menjadwalkan Ulang Wawancara

Berita Umum | 03 Agustus 2022 09:27 wib Anda telah menjadwalkan wawancara Anda dalam beberapa hari atau seminggu sebelumnya. Tetapi karena suatu hal, ternyata Anda tidak bisa melakukan wawancara di hari yang sudah ditetapkan tersebut. Mungkin Anda sakit dan tidak bisa bangun dari tempat tidur. Mungkin anak-anak Anda tidak sehat dan tidak ada yang merawat mereka. Atau, bisa jadi Anda hanya berubah pikiran tentang jalur karier tersebut.


Terlepas dari alasan Anda, Anda harus memberi tahu pewawancara Anda dan menjadwalkan ulang wawancara kerja sesegera mungkin. Anda harus memastikan bahwa pewawancara mendapatkan pesan yang profesional tanpa merusak peluang Anda bekerja di sana. Bagaimana menjadwalkan ulang wawancara dengan profesional? Simak tipsnya di bawah ini!

  1. Berikan Alasan yang Masuk Akal
    Pertama-tama, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki alasan yang cukup baik. Anda tidak enak badan, tidak bisa sampai di sana, atau ada keadaan darurat. Jangan berpikir Anda dapat menjadwalkan ulang hanya karena Anda tidak mau repot untuk hadir di sana. Ini akan meninggalkan kesan yang buruk buat Anda. Jujur saja adalah hal terbaik jika Anda perlu menjadwalkan ulang wawancara kerja. Alasan yang rumit, yang tidak terdengar jujur, hanya akan meninggalkan kesan tidak baik kepada pewawancara. Hubungi pewawancara secepat mungkin. Begitu Anda tahu Anda kemungkinan akan berhalangan, lebih baik beri tahu mereka lebih awal, daripada belakangan. Bisa jadi mereka akan memiliki jadwal yang padat, jadi semakin cepat Anda memberi tahu mereka, semakin besar kemungkinan Anda dapat mengatur ulang waktu yang sesuai.

  2. Waktu yang Tepat untuk Menghubungi
    Tapi bagaimana cara terbaik untuk menghubungi mereka? Pada akhirnya, itu tergantung pada keadaan. Idealnya, cobalah untuk tidak menelepon kantor kecuali pada hari sebelumnya, atau pada hari wawancara. Tim SDM bisa jadi punya kesibukan sehingga tidak bisa mengangkat telepon. Mengirimkan email bisa menjadi salah satu opsi untuk menginformasikan kalau Anda berhalangan dan ingin menjadwalkan ulang wawancara.

  3. Jangan Panik
    Ingatlah, mereka hanya manusia biasa. Mereka akan mengerti jika Anda memiliki alasan yang valid mengapa Anda tidak dapat hadir. Namun, jadwalkan ulang wawancara kerja hanya jika Anda benar-benar perlu. Anda tentu tidak ingin terlihat tidak bisa diandalkan.

  4. Jangan Lupa Ucapkan Terimakasih
    Setelah Anda menerima tanggapan dari pewawancara yang mengonfirmasi bahwa mereka dengan senang hati menjadwalkan ulang wawancara kerja, pastikan Anda membalasnya sesegera mungkin. Penting untuk menunjukkan kepada mereka betapa Anda menghargai kesempatan yang diberikan oleh pewawancara untuk menjadwalkan ulang pertemuan.

Source: https://www.loker.id/artikel/cara-profesional-menjadwalkan-ulang-wawancara

Dilihat 152 kali
Link