Unisba Career Development Center

Universitas Islam Bandung
Saturday, 21 Sep 2024

Tips Cari Kerja Buat Fresh Graduate

Berita Umum | 05 Agustus 2022 10:51 wib Sebagai fresh graduate jangan menyangka begitu menyelesaikan kuliah maka pekerjaan akan berada di dalam genggaman Anda dengan sendirinya. Perlu usaha yang jelas untuk mendapatkan pekerjaan. Apalagi sebagai fresh graduate yang belum memiliki pengalaman apa-apa.

Apalagi ternyata kalau Anda belum pernah bekerja sebelumnya, misalnya sampingan saat kuliah dulu. Pun, tidak aktif berorganisasi, Anda butuh kiat-kiat khusus untuk mendapatkan pekerjaan.

  1. Pemilih
    Jangan terlalu pilih-pilih, punya angan-angan tinggi tetapi tidak bisa mewujudkannya. Di tahun-tahun pertama bekerja sudah sewajarnya menjadi masa dimana Anda menempa diri dan mengambil banyak-banyak pengalaman supaya menjadi bekal Anda meniti karier.

  2. Gaji Besar
    Apalagi langsung meminta gaji besar. Anda akan terkesan tak tahu diri. Memang sih, semua kita sejatinya harus menetapkan “harga” untuk diri sendiri. Tetapi jangan juga ketinggian, sadar kemampuan dan pengalaman yang dimiliki. Jangan punya kemauan besar tapi tidak diiringi kemampuan yang mumpuni.

  3. Sombong
    Sangat tidak benar kalau Anda menempatkan diri dengan arogan di lingkungan kerja yang baru. Sebagai anak baru—fresh graduate pula, sudah sepantasnya Anda menempatkan diri sebagai junior jangan juga membanggakan IPK Anda yang menurut Anda tinggi. IPK tidak bisa memberi makan Anda yang bisa memberi Anda makan adalah kemampuan dan keahlian. Itu yang harus Anda kejar untuk dimiliki.

  4. Mudah Menyerah
    Jangan gampang menyerah, apalagi merasa tertekan melihat ada banyak orang yang sedang berburu pekerjaan seperti Anda. Tetaplah semangat dan teruslah melamar walaupun beberapa kali ditolak. Menjadi orang sukses itu tidak mudah kalau mudah sudah barang tentu semua orang di dunia ini bakal mendapat cap sukses.

  5. Tanya Senior
    Inilah salah satu gunanya memiliki link. Kalau Anda rajin berkomunikasi dengan senior semasa kuliah dulu ini bisa menjadi cara yang baik untuk mendapatkan informasi mengenai pekerjaan. Jangan malu dan segan untuk menggunakan almamater Anda dalam mencari pekerjaan. Asal Anda melakukannya dengan sopan, senior yang baik akan sukarela memberikan informasi yang dibutuhkan.

Source: https://www.loker.id/artikel/tips-cari-kerja-buat-fresh-graduate

Dilihat 227 kali
Link