Unisba Career Development Center

Universitas Islam Bandung
Monday, 06 May 2024

Cara Menjawab Pertanyaan “Apa yang Membuat Anda Unik”

Berita Umum | 10 Agustus 2022 09:34 wib Ada banyak hal yang membuat masing-masing kita unik. Pertanyaan yang menanyakan apa yang membuat Anda unik adalah kesempatan untuk memberi pewawancara wawasan tentang bagaimana Anda akan menjadi kandidat terbaik untuk posisi tersebut.

Pada dasarnya, “Apa yang membuat Anda unik” sebenarnya berarti, “Apa yang membuat Anda menjadi kandidat yang sangat baik?” Ketika Anda mendapatkan pertanyaan tersebut, berikut adalah contoh jawaban yang bisa Anda berikan kepada pewawancara!

  • “Saya adalah komunikator yang sangat baik dan merasa mudah bagi saya untuk berhubungan dengan orang lain.”
    Pertimbangkan untuk menyebutkan ciri kepribadian yang menurut Anda cocok untuk bisnis tersebut. Setelah membaca deskripsi pekerjaan, buatlah daftar atribut yang dapat menjadikan Anda kandidat yang sesuai.
    Selain itu, memasukkan ciri kepribadian dalam jawaban Anda memungkinkan Anda untuk menunjukkan bagaimana Anda cocok untuk peran yang Anda miliki sedikit pengalaman sebelumnya.
    Misalnya, jika Anda melamar posisi sebagai pemimpin tim, penting bagi Anda untuk menunjukkan keterampilan komunikasi yang kuat dan kemampuan untuk terhubung dengan berbagai kelompok orang.

  • “Saya sangat menikmati mempelajari hal-hal baru dan terus mencari kesempatan belajar baru.”
    Dengan menyebutkan hasrat Anda untuk mempelajari hal-hal baru, Anda menunjukkan bahwa Anda berfokus pada pertumbuhan dan tidak takut pada tantangan. Selain itu, menjawab pertanyaan dengan cara ini memungkinkan Anda untuk mengingatkan pewawancara mengapa Anda secara unik memenuhi syarat untuk peran tersebut sementara kandidat lain mungkin memiliki lebih banyak pengalaman sebelumnya di industri ini, Anda membuktikan keinginan Anda untuk melebihi ekspektasi pekerjaan dengan cepat.

  • “Pengalaman saya sebelumnya dalam layanan pelanggan telah memberi saya keterampilan teknis unik yang dapat saya terapkan untuk peran ini.”
    Jika Anda memiliki pengalaman sebelumnya dalam suatu peran yang sangat berbeda dari yang Anda lamar, Anda dapat menggunakan ini sebagai kesempatan untuk menjelaskan bagaimana latar belakang Anda secara unik membuat Anda memenuhi syarat. Dengan jawaban seperti ini, Anda dapat meredakan kekhawatiran yang mungkin dimiliki pewawancara dengan kurangnya pengalaman Anda di lapangan.

  • “Bekerja di perusahaan startup memberi saya kesempatan untuk memahami seluk beluk industri ini secara detail yang mungkin tidak akan saya dapatkan di perusahaan yang lebih besar. Saya pikir pengalaman ini memberi saya sedikit keunggulan dibandingkan pelamar lain.”
    Jawaban ini bagus karena Anda akan dianggap orang yang senang tantangan dan hal yang detail. Pertimbangkan bagaimana latar belakang Anda telah memungkinkan Anda untuk memperoleh keterampilan unik yang mungkin tidak dimiliki orang lain, yang mengikuti jalur karier yang lebih linier.
    Misalnya, jika sebelumnya Anda bekerja di perusahaan rintisan kecil dan sekarang ingin pindah ke perusahaan besar, penting bagi Anda untuk menyebutkan bagaimana keterampilan tersebut akan membuat Anda sukses dalam peran baru ini.
    Namun, sangat penting bahwa Anda memberikan contoh spesifik tentang bagaimana pengalaman Anda sebelumnya telah memberi Anda keterampilan tertentu yang dapat diaplikasikan di tempat yang baru.
Source: https://www.loker.id/artikel/cara-menjawab-pertanyaan-apa-yang-membuat-anda-unik
Dilihat 209 kali
Link