Unisba Career Development Center

Universitas Islam Bandung
Sunday, 05 May 2024

Enam Solusi Buka Usaha Dengan Modal Minim

Berita Umum | 01 Juli 2022 00:00 wib Bosan bekerja dengan orang lain? Mungkin ini saatnya Anda mulai berpikir untuk membuat usaha sendiri. Bekerja untuk diri sendiri memang lebih menyenangkan karena semua keuntungan yang dihasilkan akan langsung masuk ke kocek Anda sendiri. Anda pun bisa menentukan arah bisnis sesuai dengan keinginan sendiri tanpa perlu hanya mengikuti perintah atasan. Selama Anda kreatif dan punya banyak ide, membuka bisnis memang tidaklah sulit. Yang sulit justru mendapatkan tambahan dana, bila ternyata Anda hanya punya sedikit modal.


Namun jangan menyerah. Berikut enam solusi membuka usaha bermodal minim:

1. Cari Pinjaman Tambahan
Mencari pinjaman bisa menjadi salah satu solusi yang cukup efektif. Saat ini banyak sekali pinjaman yang diberikan bank atau lembaga peminjaman. Dua diantaranya cukup popular yaitu kredit multi guna (KMG) yang mengharuskan Anda memberikan jaminan peminjaman, dan kredit tanpa agunan (KTA) yaitu pinjaman tanpa harus memberikan jaminan. Keduanya juga memiliki bunga yang beragam. Tinggal Anda yang memutuskan mana jenis kredit yang terbaik dan sesuai dengan bisnis baru Anda.

2. Undang Investor
Tidak suka meminjam di bank karena harus membayar bunga? Anda bisa mengubungi teman atau saudara yang sekiranya dapat menolong Anda menjadi investor dan memberi tambahan dana usaha. Yakinkan mereka kalau usaha yang akan Anda dirikan memiliki peluang yang bagus dan bisa menguntungkan mereka.

3. Tawarkan Kerja Sama
Anda juga bisa menawarkan kerja sama usaha pada teman atau saudara. Bisa saja Anda patungan modal sehingga modal yang Anda keluarkan tidaklah terlalu besar. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat proposal sederhana yang bisa ditawarkan pada mereka.
Tawaran kerja sama ini cukup efektif loh, karena selain tambahan dana, Anda juga bisa mendapatkan partner yang bisa membantu Anda menjalankan bisnis.Tetapi perlu diperhatikan konsep pembagian keuntungan yang adil, sehingga sehingga Anda dan partner usaha sama-sama untung.

4. Jeli Memilih Jenis Usaha
Banyak kok jenis usaha yang tidak membutuhkan modal banyak. Misalnya kalau Anda punya bakat dagang, Anda bisa menjadi re-seller dari sebuah perusahaan, baik perusahaan kosmetik, fashion, makanan dan lain sebagainya. Selain mendapatkan keuntungan yang lumayan, barang yang tidak laku bisa dikembalikan kepada supplier.
Atau jika Anda memiliki kemampuan marketing yang baik, maka Anda bisa mencoba menjadi seorang broker atau agen, misalnya agen perumahan atau agen investasi saham. Gunakan media sosial untuk mempromosikan jasa Anda.

5. Modal dari Konsumen
Memang bisa? Tentu saja. Banyak yang menggunakan cara ini dalam usaha baru yang kebetulan miskin modal.
Modal dari konsumen ini maksudnya menggunakan uang dari konsumen terlebih dahulu saat menjalankan bisnis. Misalnya Anda ingin membuka jasa percetakan undangan nikahan, nah uang muka alias Down Payment yang dibayar calon konsumen bisa digunakan sebagai modal. Sisanya bisa menjadi keuntungan yang dibayarkan setelah pekerjaan selesai.

6. Training dengan Fasilitas Modal Usaha
Anda juga bisa mengikuti training atau pelatihan kerja yang dilakukan bank atau organisasi nirlaba. Biasanya ada banyak pelatihan kerja yang sekaligus memberikan pinjaman modal usaha. Anda bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus, yaitu keuntungan mendapatkan skill baru, dan sekaligus tambahan modal untuk membuka usaha yang sudah Anda pelajari.

Selamat membuka usaha sendiri!

Source: https://www.qerja.com/journal/view/203-enam-solusi-buka-usaha-dengan-modal-minim-1

Dilihat 164 kali
Link